Selasa, 03 Januari 2012

BAB11

• KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLI (1)
Pasar Monopoli adalah bentuk dari organisasi pasar, dimana hanya ada satu perusahaan atau penjual suatu produk di pasar yang bersangkutan.

• KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLI (2)
Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut :
1. Perusahaan penjual atau yang menghasilkan produk hanya satu, sedangkan konsumennya banyak
2. Tidak ada produk substitusi
3. Sulit untuk keluar masuk industri produk monopoli

• KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLI (3)
Dari sudut cakupan monopoli ada yang bersifat :



• KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLI (4)
Dengan titik pandang dari prospek bisnis dimasa yang akan datang struktur pasar monopoli tidak akan banyak memberi harapan bagi koperasi. Selain adanya tuntutan lingkungan untuk menghapus yang bersifat monopoli pasar yang dihadapi akan semakin terbuka untuk persaingan.

 KOPERASI DALAM PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK (1)
Suatu pasar dapat dikatakan berada dalam keadaan persaingan monopolistik apabila dalam pasar tersebut terdapat ciri-ciri berikut :
1. Produk-produk yang dijual di pasar adalah heterogen.
2. Banyak penjual atau pengusaha.
3. Ada produk substitusi.
4. Keluar atau masuk ke industri relatif mudah.
5. Harga produk tidak sama sesuai keinginan penjual.

 KOPERASI DALAM PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK (2)


Perbandingan permintaan bagi pengusaha dengan pasar produk yang bersaing sempurna, monopolistik dan monopoli.

 HUBUNGAN PASAR DENGAN KOPERASI
Ditinjau dari sisi produksi dan konsumsi, anggota koperasi dapat dikelompokkan menjadi koperasi produsen dan koperasi konsumen. Untuk memahami hal ini, perlu digambarkan hubungan ekonomi pasar dengan produsen yang bergabung dengan koperasi dan yang tidak bergabung dengan koperasi.

 HUBUNGAN PRODUSEN DENGAN PASAR TANPA KOPERASI
Dapat digambarkan sebagai berikut :



Keterangan :
P = Produsen
T = Pedagang
C = Konsumen
* T adalah pasar bagi P dan C adalah pasar bagi T

 HUBUNGAN PRODUSEN ANGGOTA KOPERASI DENGAN PASAR (1)
Hubungan khusus antara anggota koperasi dengan koperasi dapat digambarkan sebagai berikut :




 HUBUNGAN PRODUSEN ANGGOTA KOPERASI DENGAN PASAR (2)
Keterangan :
1. Produsen (P1, P2, P3, dan seterusnya) yang juga anggota koperasi sebagai unit ekonomi.
2. Perusahaan koperasi yang menjual produksi anggota.
3. Pasar (konsumen C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perusahaan dan Negara yang Mengacu pada International Financial Reporting Standards

A.   Sekilas mengenai IFRS ( International Financial Reporting Standards ) IFRS (Standar Pelaporan Keuangan Internasional) merupaka...