Senin, 18 Oktober 2010

MANAGEMENT DAN ORGANISASI

Pengertian Management

Proses pengkoordinasian aktifitas kerja beberapa orang , sehingga kerja bisa terselesaikan secara efektif dan efisien.

Pengertian Organisasi

Tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, metode, mesin, lingkungan) , sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Atau, Sekelompok manusia yang bekerjasama , dengan suatu perencanaan kerja dan peraturan , untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Karakteristik Organisasi : Tujuan Jelas, Struktur, dan Orang.

Perbedaan dan Persamaan Antara Management dan Organisasi

Hal yang berbeda antara organisasi dan manajement adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan management lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Adapun persamaan antara organisasi dan management adalah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Hubungan antara Administrasi, Organisasi dan Management adalah :

1. Kepemimpinan merupakan arti dari management.
2. Melalui management semua kegiatan dikoordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
3. Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau management administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau di luar organisasi (formal).
4. Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.

Management dan Organisasi

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien dengan cara mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Jadi dapat diketahui Pentingnya Manajemen dalam suatu Organisasi adalah agar Organisasi tersebut dapat terencana, terkoordinir , dikontrol dan tersktuktur dengan baik untuk mencapai tujuan Organisasi tersebut secara efesien dan efektif.

Management dan Tata Kerja

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan efesien sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan efektif.

Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada tujuannya.

Sedangkan Manajemen Tata Kerja adalah Suatu Proses Kegiatan pengaturan untuk mencapai tujuan yang telah dikontrol dan dikerjakan secara ilmiah dan praktis.

Keterkaitan Antara Management, Organisasi dan Tata Kerja
Dapat diartikan sebagai berikut:

- Organisasi adalah Alat atau Wadah yang terdiri dari dari sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan kesepakatan bersama. (Alat atau Wadahnya)
- Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien dengan cara mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (Pengatur, pengontrol, perencanaan, sumbar daya dari wadah(Organisasi )Tersebut).
- Tata Kerja adalah Proses pengaturan pengerjaan dan penggunaan Metode-Metode yang digunakan agar suatu Organisasi dapat mencapai tujuan secara efesien dan efektif.(Pengaturaan Pengerjaannya suatu Organisasi agar tujuannya dapat tercapai secara efesien).

Source :
http://id.shvoong.com/business-management/management/1931288-perbedaan-antara-organisasi-dan-manajemen/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/arti-pentingnya-organisasi-management-data/

http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:lmqPOJrv_bkJ:romisatriawahono.net/publications/2001/romi-managementorganisasi.pdf+management+dan+organisasi&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESinfJ8EfYa9nPGMD9bAKLuOX_S-5YpjDM9CnR4bKo0oNIJ7LMgqNDPcB_GzEALl01XvEIGJjdGzdgrSCC-uKQb4cs5G0Yz6a0P8mbcCSUIKzvcmserxRS-_8hFkz2yvOADUs0pK&sig=AHIEtbTVLMF_YG6SvEC-1qIYFatQmKdFeA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perusahaan dan Negara yang Mengacu pada International Financial Reporting Standards

A.   Sekilas mengenai IFRS ( International Financial Reporting Standards ) IFRS (Standar Pelaporan Keuangan Internasional) merupaka...